Selasa, 20 Desember 2011

Diskusi Sekitar Topik Thesis

Sebagaimana saran Deputy Dean Academic Istac, Prof. Abdullah Al-Ahsan, aku mendiskusikan dua opsi berkenaan dengan topik thesisku: 1. Tentang Political Ethic of Al-Ghazali dikomparasikan dengan ilmuwan lain semisal Al-Mawardi, Ibn Taymiah, dsb. 2. Tentang Political Ethic of Al-Ghazali dikaitkan dengan kondisi terkini, dengan case of study salah satu partai di Indonesia.
Kedua topik itu ternyata sama beratnya. Untuk opsi pertama, saran Prof Kamal, aku harus ikut course work tentang Political Science, sedangkan waktuku tinggal satu semester lebih sedikit. Sedangkan opsi kedua, beliau mengatakan bahwa partai politik yang dimaksudkan tidak banyak mengambil dari Al-Ghazali, selain itu perlu field research atau riset lapangan yang pastinya memakan waktu dan biaya.
Hasil diskusi itu terus terang sempat menimbulkan sebuah 'turbulence' dalam diriku. Tapi, goncangan saat ada benturan itu biasa kan? Yang penting kita segera menstabilkan diri kembali dan berusaha menghadapi gelombang dengan tenang. Maka, aku segera mencari alternatif topik yang lain. Sambil mengikuti simposium, beberapa ide muncul. Akhirnya kucoba menentukan sebuah topik: Ethics of Al-Ghazali and Ibnu Qayyim Al-Jauziyah. Lengkapnya mungkin seperti ini: Comparative Study on Ethics of Al-Ghazali and Ibnu Qayyim Al-Jauziyah. Kucoba membuat oret-oretan tentang beberapa poin berkenaan dengan topik tersebut. Di akhir simposium, setelah coffee break, aku segera mendiskusikannya lagi dengan Prof. Kamal Hasan. Di perjalanan menuju masjid untuk shalat Ashar, Prof. Kamal menyetujui topik itu. Kusampaikan kepada beliau bahwa insya Allah aku akan menulis beberapa item terkait topik tersebut dan akan mendiskusikannya dengan beliau. Ok! kata beliau sambil berjalan menuju masjid.
Semoga ini adalah isyarat dari Allah bahwa Dia akan memudahkan jalan bagiku untuk menyelesaikan episode terakhir dari "karir" belajar formalku. Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar