Selasa, 20 Desember 2011

Simposium Tentang Al-Ghazali

Kemarin sore ketika mengantar ustadz Muzakkir ke UIA untuk mengambil motornya, tanpa sengaja kulihat beberapa banner dipajang di sekitar gerbang kampus. Isinya tentang simposium mengenang 900 tahun wafatnya ulama besar Al-Ghazali. Untuk lebih rincinya aku browsing di internet dan mendapatkan info berikut:

AL-GHAZZALI SYMPOSIUM:
IN COMMEMORATION OF THE 900TH YEARS OF HIS DEATH
20 DECEMBER 2011
SENATE HALL, LEVEL 5, RECTORY BUILDING
INTERNATIONAL ISLAMIC UNIVERSITY MALAYSIA


 Tan Sri Prof. Dr.  Mohd Kamal Hassan on Ihya Ulum Eldin (Al Ghazali’s Magnum opus)
 Prof. Dr. Ibrahim Zein on Tahafut Al Flasafeh (the shatter of philosophers)
 Dr. Mohammed Taher Misawy on Al Mustsafa (Principles of Jurisprudence)
 Assoc. Prof. Dr. Waleed Fekry Faris on Pearls of the Quran
 Assoc. Prof. Dr. Roslina Othman on technological aspects in Imam Ghazali work

Ini kesempatan emas, sebab thesisku berkenaan dengan Al-Ghazali. Maka, pagi itu sekitar jam 8.30 pagi aku sudah berangkat ke UIA. Setelah memarkir mobil di depan Cultural Activity Center (CAC), aku bergegas ke level 5 gedung rektorat. Belum banyak orang ketika itu. Aku segera mendaftarkan diri dan membayar uang pendaftaran RM 10.
Banyak hal yang aku dapat berkenaan dengan Al-Ghazali, salah satunya tips beliau untuk mendapatkan manfaat ketika membaca Qur'an. Di antara yang beliau sebutkan adalah: Hayatilah tentang siapa yang menurunkan Qur'an itu? Sadari bahwa setiap ayat yang kita baca itu ditujukan untuk kita, bukan orang lain, dsb. Selain beberapa wawasan itu, aku juga berkesempatan mendiskusikan topik thesisku dengan Prof. Kamal Hassan. Beliau sangat welcome dan banyak memberi masukan. Terima kasih Prof. Kamal!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar